BMW Ciptakan Mobil yang Dapat Berubah Warna Sesuai Cuaca

BMW Ciptakan Mobil yang Dapat Berubah Warna Sesuai Cuaca

Share

Pabrikan mobil asal Jerman, BMW, telah menghadirkan mobil model baru yang memungkinkan pengemudi untuk mengubah-ubah warna kendaraan yang dikemudikannya.

Mobil yang diberi nama BMW iX Flow itu baru-baru ini dipertunjukkan di pameran teknologi CES di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Meski sudah diproduksi dan dipamerkan, BMW iX Flow masih dalam tahap pengembangan.

Pihak BMW mengatakan teknologi tinta elektronik memungkinkan untuk mengubah warna luar mobil dan menambahkan pola atau corak tertentu.

Dalam acara pameran di CES diperlihatkan bagaimana BMW iX Flow berubah dari putih menjadi abu-abu. Perubahan dimungkinkan di setiap panel kendaraan. Ini memungkinkan beberapa kemungkinan untuk kombinasi warna dan pola yang berbeda di sekitar mobil. Dalam kesempatan itu, diperlihatkan pula satu pengaturan warna yang menciptakan garis-garis model mobil balap.

Pihak BMW menerangkan bahwa bahan yang memungkinkan perubahan warna pada mobil itu mengandung partikel putih, hitam atau berwarna yang berbeda. Warna yang berbeda muncul ketika medan listrik diaktifkan. Sinyal untuk mengaktifkan perubahan dapat dikirim melalui kontrol di dalam mobil atau melalui telepon pintar.

Perusahaan mobil asal Jerman itu menyebutkan tidak ada energi yang diperlukan untuk mempertahankan warna yang dipilih pengemudi.

“Kami mengambil bahan ini – semacam kertas tebal – dan tantangan kami adalah memasukkannya ke objek 3D seperti pada mobil buatan kami,” kata insinyur riset BMW, Stella Clarke, kepada kantor berita Reuters.

“Warna favorit saya adalah warna yang memengaruhi pantulan sinar matahari,” kata Clarke. “Pada hari yang panas dan cerah seperti hari ini, Anda bisa mengganti warna putih untuk memantulkan sinar matahari,” jelasnya. “Pada hari yang dingin, Anda bisa mengubahnya menjadi hitam untuk menyerap panas.”

Kendaraan yang ditampilkan di pameran CES hanya bisa berubah antara abu-abu dan putih. Tetapi, BMW mengatakan teknologinya akan diperluas untuk mencamhkup berbagai pilihan warna.(RTR/LIG)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *