Jamur, Makanan Sehat Kaya Manfaat.

Jamur, Makanan Sehat Kaya Manfaat.

Share

Di musim hujan seperti sekarang ini, makan malam ditemani sajian jamur, setidaknya dapat menghangatkan tubuh, karena tumbuhan ini umumnya dimasak mandiri dengan beragam rempah yang menghangatkan tubuh atau jadi pelengkap sop yang tentu sangat cocok dikonsumsi di musim hujan.

Cara masaknya pun mudah. Bila ingin jadi masakan utama, cukup dengan bumbu bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, kaldu dan bisa ditambah bawang daun dan seledri sebagai pemanis, sudah cukup.

Pun, disajikan dengan kuah kental atau encer, sama nikmatnya. Jadi cemilan tanpa nasi atau menggunakan nasi pun tetap nikmat. Di sejumlah wilayah Jabar yang jadi penghasil jamur, tumbuhan ini bahkan dibuat jamur crispy. Ada yang pernah coba?

Terlepas dari cara mengolahnya, jamur memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk Kesehatan. Dari sejumlah penelitian jamur ditengarai rendah kalori dan memiliki kandungan serat tinggi, yang sangat baik bagi Anda yang tengah menjalani program diet.

Dengan kandungan protein, magnesium, kalium, vitamin B6, vitamin C di beberapa jenis Jamur, folat dan fosfor, jamur bisa jadi makanan yang menunjang Kesehatan. Kandungan tersebut memiliki peran penting dalam pencegahan kanker dan menjaga Kesehatan jantung.

Antioksidan di dalamnya menjadi  pelindung tubuh dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan beta glucan pada jamur sangat baik dalam peningkatan kekebalan tubuh. Jamur juga merupakan sumber prebiotik yang baik untuk saluran pencernaan. Juga sebagai penghambat pertumbuhan patogen penyebab penyakit. (MIM)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *