Jangan Ungkap Informasi Liburan Kalian ke Medsos

Jangan Ungkap Informasi Liburan Kalian ke Medsos

Share

Memposting foto perjalanan saat kalian masih liburan boleh jadi seperti mengirimkan undangan terbuka agar seseorang datang mencuri/merampok rumah kalian.

Tidak semua orang baik. Ada sebagian yang memiliki intensi jahat. Dan bagi yang memiliki niat jahat, tak terlalu sulit untuk mengetahui di mana kamu tinggal, sedang melakukan apa atau kamu sedang pergi ke mana. Cukup mengintai lewat sosmed, informasi tentang kalian dapat saja mereka dapatkan — dengan mudah.

Jadi, tahan status liburan sampai kalian tiba di rumah. Jangan pula memposting terkait hitungan mundur perjalanan sebelum perjalanan kalian lakukan.

Secara umum, memposting persis posisi di mana kalian berada dan mengunggahnya di media sosial sangat berisiko. Kita tidak tahu siapa yang melihat postingan kita, atau bagaimana pula mereka yang mengetahui postingan kita memutuskan untuk menggunakan informasi tersebut.

Megan Mapping, jurnalis perjalanan kawakan asal Australia, memberi beberapa tip agar liburan yang kalian lakukan berjalan lebih aman.

Pertama, pastikan rumah kalian benar-benar aman sebelum pergi. Kunci semua pintu dan jendela, matikan semua colokan listrik, dan letakkan barang berharga di tempat yang aman. Keberadaan CCTV dan alarm akan memiliki nilai tambah bagi keamanan rumah.

Kedua, bagikan rencana perjalanan kalian hanya dengan seseorang yang paling kalian percayai. Sehingga mereka dapat menghubungi kalian dalam keadaan darurat.

Ketiga, jangan pernah memposting foto tiket, boarding pass, paspor, bahkan setelah kalian kembali ke rumah. Jika kalian memposting dokumen perjalanan, pastikan mengaburkan info-info utama yang tertera.

Keempat, jika kalian memposting sesuatu ke media sosial saat sedang bepergian, cobalah untuk tidak mengungkapkan lokasi kalian.(KIP)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *