Kian Banyak Orang Belajar Bahasa Korea

Kian Banyak Orang Belajar Bahasa Korea

Share

Sebuah perusahaan yang menawarkan layanan pembelajaran bahasa secara online mengatakan baru-baru ini lebih banyak orang belajar bahasa Korea setelah peluncuran sebuah acara TV Korea yang populer di kanal Netflix.

Duolingo, sebuah situs belajar bahasa online, melaporkan peningkatan tajam dalam jumlah pembelajar bahasa Korea, belakangan ini.

Di Inggris Raya, terjadi peningkatan 76 persen lebih yang mendaftar untuk belajar bahasa Korea daripada biasanya. Sedangkan di AS, jumlahnya meningkat 40 persen setelah acara TV Korea dimulai dua minggu lalu.

Bisa dibilang sekarang ini budaya populer Korea telah menemukan kesuksesannya di Barat. Itu muncul setelah lagu-lagu pop oleh grup musik BTS dan kesuksesan internasional film Parasite dan Minari. Film Parasite bahkan memenangi Academy Award untuk Film Terbaik pada tahun 2020.

Baru-baru ini, Oxford English Dictionary telah menambahkan 26 kosa kata baru yang berasal dari bahasa Korea, termasuk “hallyu,” yang berarti gelombang Korea. “Hallyu” adalah cara orang menggambarkan kesuksesan budaya pop Korea di luar Asia.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyambut baik penambahan kosa kata Korea ke Oxford English Dictionary dan bertambahnya minat orang mempelajari bahasa Korea. Dia menyebut alfabet Korea sebagai contoh “kekuatan lunak” yang dimiliki Korea Selatan.

Sam Dalsimer adalah juru bicara Duolingo. Dalam email-nya ke kantor berita Reuters, dia mengatakan, “Apa yang terjadi dalam budaya pop dan media sering memengaruhi tren dalam pembelajaran bahasa.”

Dalsimer mencatat bahwa seiring dengan semakin populernya film, musik, dan acara televisi Korea, semakin banyak orang yang ingin mempelajari bahasa tersebut.

Duolingo mengatakan sekitar 8 juta orang mencoba belajar bahasa Korea melalui layanan online-nya.

Sementara itu, penambahan jumlah pembelajar bahasa Korea juga dialami King Sejong Institute, lembaga yang mengajarkan bahasa Korea di seluruh dunia. Empat belas tahun yang lalu, hanya 740 siswa di tiga negara yang belajar bahasa Korea melalui lembaga ini. Sekarang, sekitar 76.000 siswa di 82 negara belajar bahasa Korea di King Sejong Institute.(RTR/VOA/WAK)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *