Lomba Foto All Genre Bisakah?

Lomba Foto All Genre Bisakah?

Share

Pada lomba foto, umumnya panitia akan menghighlight tema-tema tertentu. Bisa soal human interest, landscape, atau topik-topik khusus sesuai dengan peringatan hari besar tertentu.

Baik dari fokus genre tertentu atau tema khusus yang diperlombakan, diangkat untuk memudahkan peserta dan memudahkan juri agar fokus pada penilaian sesuai dengan tema yang tepat.

Saat ini sedang ramai diperbincangkan para fotografer soal lomba foto di Instagram yang merangkul semua genre fotografi. Hal ini justru bukan mendapat sambutan antusias para fotografer, tapi malah jadi mengundang pertanyaan para fotografer.

Bagaimanapun membuat lomba foto tidak mudah. Hal yang perlu diperhatikan secara serius adalah soal tema. Sebaiknya tema tidak diborong karena memang akan menyulitkan dewan juri. Seprofesionalnya dewan juri, akan lebih memilih satu tema, sehingga akan lebih fokus dan setidaknya bisa menilai dengan lebih cermat.

Jangan untuk all genre, untuk satu genre saja fotografer pro sekelas Arbain Rambey pada Live IG Ngobras (ngobrol santai soal fotografi) bersama fotografer Dodi Sandradi pernah mengungkap bahwa ada saja penyesalan juri karena salah memenangkan foto. (yang harusnya juara 2 tertukar dengan juara 1). Nah, apalagi dengan lomba foto all genre.

Jadi untuk mereka yang akan menyelenggarakan lomba foto, pertimbangkan dulu aspek-aspek topik. Lalu kapan batas tahun jepretan dapat digunakan. Untuk para peserta juga setidaknya harus lebih selektif memilih lomba foto. Jangan sampai tujuan lombanya gak jelas buat para fotografer, berbayar pula dan pembelajaran dari lombanya gak ada juga. (MIM)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.