Menerjang Genangan di Jalan, Sangat Beresiko

Menerjang Genangan di Jalan, Sangat Beresiko

Share

Saat hujan turun, tak jarang jalanan tergenang air.  Terlebih di  sejumlah kota besar saat ini,  di mana sampah menjadi persoalan penyumbat drainase dan kota besar yang dikelilingi pegunungan sering terancam banjir kiriman imbas alih fungsi lahan di bukit-bukit yang menjadi penyebab tidak terserapnya air.

Terperangkap genangan, menjadikan pengendara hanya punya dua pilihan. Antara menerjang genangan atau menunggu surut. Kalau lah ingin aman, sebaiknya menunggu surut atau mencari jalan lain, bila memungkinkan.

Meski tenang dan tidak terlalu dalam, menerjang genangan akan mengundang banyak resiko. Kalaupun tidak deras dan hujan sudah reda, kita tidak pernah tahu apa yang ada di bawah air, apalagi jika sangat keruh.

Untuk pengendara roda 4 resiko bisa jadi tidak terlalu besar, meskipun tetap disarankan tidak menerjang genangan air di jalanan tersebut.

Resiko yang paling sering terjadi adalah ban kempis setelah berhasil menerjang genangan air. Di bawah genangan air, saat hujan benda-benda tajam dimungkinkan terbawa ke jalanan yang dipenuhi air, sehingga saat hujan telah reda, benda-benda tersebut dimungkinkan terlindas ban kendaraan Anda dan membuatnya bocor.

Resiko lainnya adalah, kita tidak pernah tahu batas antara jalan dan saluran air terbuka. Sudah sering terjadi pengendara roda da terjebak di saluran air yang penutupnya terbuka. Tidak hanya itu, sudah banyak korban yang terbawa arus akibat terjerembab di gorong-gorong yang bak kontrolnya rusak atau hilang.

Hal yang sangat harus dihindari adalah pada genangan jalan yang terkena luapan sungai di pinggirnya. Kita tentu akan sangat sulit mengidentifikasi pembatas jalan dan sungai. Apalagi biasanya sungai meluap, alirannya cukup deras sehingga jika R2 memaksakan diri untuk melintas, resiko terseret arus air, sangat besar. (MIM/DTS)

Share
Gogo77
Adam77
Sonitoto
https://157.245.54.14/
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
https://mydaughtersdna.org/