Mengenal Teknologi OLED Layar Laptop

Mengenal Teknologi OLED Layar Laptop

Share

Bagi kalian para kreator konten, dan juga mereka yang cenderung aktif dan mobile, laptop dengan teknologi OLED mungkin bakal menjadi opsi terbaik untuk saat ini.

Seperti kita semua ketahui, teknologi terus berkembang. Setelah satu teknologi muncul, teknologi yang lain akan menyusul kemudian. Hal seperti itu pula yang kini sedang terjadi di dunia per-laptop-an.

Sejak beberapa waktu lalu, teknologi OLED mulai meramaikan jagad per-laptop-an. Sejumlah pabrikan komputer pangku alias laptop kini telah menggunakan teknologi layar OLED untuk sejumlah produk teranyar mereka.

Mungkin kalianl pernah sebelumnya menggunakan atau setidaknya melihat televisi dan juga telepon pintar (smartphone) yang memakai layar OLED.

OLED adalah singkatan dari Organic Light Emitting Diode. OLED merupakan teknologi tampilan layar yang mengandalkan lapisan bahan organik (hidrogen dan karbon) yang menyala ketika ditempatkan di antara lapisan anoda (positif) dan katoda (negatif) dan diberi arus. Ketika arus dilewatkan melalui dioda, lapisan bahan organik menghasilkan cahaya yang melewati penghalus warna dan akhirnya menghasilkan gambar di layar.

Industri televisi adalah satu sektor yang pertama kali memanfaatkan teknologi OLED. Beberapa perusahaan pembuat televisi melempar produk high-end TV OLED ke pasaran dibarengi janji menampilkan warna dan kualitas gambar yang sangat apik.

Setelah itu, menyusul industri telepon pintar yang mengadopsi teknologi ini. Dan kini, giliran industri laptop yang mulai memanfaatkan teknologi OLED.

Lantas, apa kira-kira keistimewaan laptop yang menggunakan teknologi layar OLED?

Dibandingkan dengan teknologi layar pendahulunya, seperti LCD (Liquid Crystal Display), OLED memiliki sejumlah keunggulan.

Pertama, tampilan gambar lebih hidup. Laptop dengan layar OLED dapat menghasilkan warna yang lebih hidup dengan kontras yang lebih tinggi. Efeknya, kualitas gambar yang disajikan bakal sangat kuat dan akurat serta terlihat lebih hidup. Hal ini tidak akan pernah bisa dihasilkan oleh teknologi layar laptop sebelumnya. Bagi mereka yang bekerja sebagai kreator konten, terutama untuk keperluan mengolah gambar dan video, agaknya laptop dengan layar OLED adalah pilihan yang paling pas.

Kedua, lebih ringan. Laptop yang menggunakan layar OLED tidak memiliki panel lampu latar tambahan. Buntutnya, laptop menjadi lebih ringan dan tipis. Nah, kalian yang cenderung aktif dan mobile, akan lebih diuntungkan dengan adanya laptop yang memiliki layar OLED, karena laptop lebih mudah dibawa-bawa.

Ketiga, tak ada lag (keterlambatan). Jika pada layar LCD memerlukan panel LED terpisah untuk penerangan latar, yang cenderung menyebabkan kelambatan dan gerakan blur, maka pada layar OLED sama sekali tidak memerlukan panel terpisah, sehingga tidak akan memunculkan masalah lag dan blur. Di samping itu, teknologi OLED akan menghasilkan kecepatan refresh yang lebih cepat dan sudut pandang yang lebih luas.

Keempat, lebih memiliki daya tahan baterai. Karena memungkinkan pengontrolan nilai kecerahan piksel secara individual, laptop dengan layar OLED umumnya lebih hemat daya daripada laptop yang menggunakan layar LCD.

Kekurangan

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, toh layar OLED ternyata memiliki umur yang lebih pendek dibanding jenis layar lain. Masalah lainnya yaitu kualitas layar OLED yang kabarnya bakal mengalami penurunan saat berada di bawah sinar matahari.

Dari segi biaya, teknologi layar OLED juga masih cukup mahal untuk saat ini. Buntutnya, laptop-laptop yang menggunakan layar OLED harus dibanderol dengan harga yang relatif lebih tinggi.

Kendatipun demikian, para analis teknologi memprediksi bahwa seiring berjalannya waktu, teknologi layar OLED akan semakin murah dan laptop-laptop yang menggunakan teknologi ini bakal semakin terjangkau pula. Mudah-mudahan saja,ya.(JOK)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *