Disiplin waktu adalah cara mengkomunikasikan diri yang baik pada klien, bahwa Anda seorang profesional. Oleh karenanya jangan anggap enteng soal waktu. Kenapa harus disiplin? Karena menunggu itu ngeselin, sodara. Itu sebabnya banyak kejadian, yang gara-gara soal ngaret, kemudian bisnis tidak berlanjut. Gara-gara tidak tepat waktu, karir jadi berantakan.
Yang sangat penting dari waktu adalah, bagaimana Anda mengagendakan waktu untuk bertemu dengan klien. Atau bagaimana mengatur waktu follow up suatu agenda bisnis.
Bagaimana bisa dipercaya, ketika Anda sudah janji untuk bertemu klien jam 11 hari ini, namun pada jam 11.30 Anda mendadak membatalkan pertemuan, sementara klien Anda sudah datang di titik meeting sejak 10.30. Nggak dimarah-marah juga Anda sudah cukup mujur. Hanya saja tunggu, bisa jadi, esok atau lusa klien Anda tidak akan terlalu antusias untuk repeat order pada Anda. Itulah konsekuensi waktu yang harus Anda perhitungkan.
Dalam menentukan hari H dan jam D sebuah pertemuan dengan klien, diupayakan agar Anda sangat berhati-hati. Jangan sampai terlalu mepet jarak maupun waktu bila pada hari H itu ada pertemuan lain. Jarak dari satu titik Anda berada ke tempat janjian dan tempat lainnya sesudah janjian, harus Anda hitung dengan cermat. Semua itu semata-mata untuk menghindari kekecewaan terhadap klien. Apalagi klien-nya the potencial one. Nah lho!
Kalau ada yang sifatnya force majeur dan Anda menjadwal ulang suatu janji, maka Anda harus segera memberikan informasi yang jelas pada klien. Aplagi force majeur yang memnag membuat klien mengerti bagaimana situasi Anda pada saat itu.
Bila ada insiden kecil saat dalam perjalanan suatu pertemuan dengan meeting, akan lebih baik Anda tetap berkomunikasi. Semisal di tengah perjalanan menuju titik point pertemuan, Anda terjebak pada situasi rusuh massa (walau amit-amit pasti Anda nggak ngarep, tapi nggak tau kan, apa yang akan terjadi di depan kita).
Paling tidak dengan tetap memberikan informasi situasi terakhir dimana Anda berada, maka klien tidak cemas. Dan Anda sebisa mungkin ketika terjebak pada situasi tersebut, cari jalan keluar. Paling tidak Anda harus menacari jalan alternatif yang membuat terlepas dari rusuh massa, atau suatu demo, misalnya.
Yang tidak kalah penting, untuk menghindari maslah klise bahwa Anda terlambat karena macet dan banyak aktifitas, lebih baik anda jauh-jauh hari sudah siapkan agar bisa datang lebih awal, sehingga bisa memenuhi janji tepat waktu.
Waktu sangat penting, karena itu bisa menggambarkan apakah Anda rapi atau serampangan dalam bekerja. Jadi jangan pernah kecewakan klien Anda karena Anda tidak bisa tepat waktu. Resikonya terlalu besar untuk sebuah bisnis. (MIM)

Broadcaster radio senior, pecinta musik, fotografi dan trekking.