Morning Show Radio, Dulu Selalu Ditunggu

Morning Show Radio, Dulu Selalu Ditunggu

Share

Mereka yang tahun 70,80,90 sampai pertengahan 2000 an jadi pendengar setia radio, pasti denger morning show favorit di salah satu radio.

Morning show, terlepas nama yang berbeda di setiap radio, menjadi bagian yang sangat penting dalam perjalanan sejarah radio. Saat sosmed masih belum terlahir di masa 70, 80, 90-an, atau belum ramai di awal tahun 2000an morning show menjadi andalan dalam soal informasi teraktual bagi pendengar radio.

Yang paling dinanti adalah soal peristiwa  sejak malam sampai pagi hari, saat acara tersebut disiarkan. Kemudian paduan lalu lintas dan situasi pasar yang bermanfaat bagi mereka yang akan berangkat kerja dan ibu-ibu yang akan berbelanja.

Di beberapa radio dewasa dengan positioning pengambil keputusan atau esmud, perkembangan ekonomi terkait pasar uang, saham, kondisi politik juga dibahas dengan pakar tertentu.

Jenis programnya variety show, tidak terpaku dengan satu bahasan dengan wawancara nara sumber yang berlama-lama puluhan menit yang bikin jenuh pendengar. Dengan variety show, semua hal yang dirasa perlu diketahui masyarakat, pasti diinformasikan. Nara sumber hanya dihadirkan 5 sampai 10 menitan

Yang sangat menonjol di Bandung untuk program ini pada era tersebut, adalah Radio Ganesha dan Radio Mara. Informasi layanan masyarakat menjadi salah satu menu utama. Masyarakat jadi tahu kapan pemadaman listrik untuk pemeliharaan. Tahu juga kendala , kenapa PDAM airnya mendadak alirannya kecil dan beragam info lainnya yang dekat dengan kebutuhan pendengar.

Saat ini sebenarnya peran morning show di radio masih bisa andalkan, dengan catatan informasinya harus mengutamakan kedekatan dengan masyarakat pendengar di mana radio tersebut bisa ditangkap frekuensinya.

Meski medsos menjadi hal yang paling banyak diburu saat ini, sebenarnya morning show di radio bisa mencuri celah dengan semakin banyaknya info yang tidak jelas dan info berbau hoax yang beredar di medsos. Terlebih, keunggulan radio memiliki konsep proximity (kedekatan). Dengan demikian morning show bisa menghadirkan info-info yang memang bermanfaat bagi pendengarnya. (MIM)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *