Pandemi Covid-19 lalu, bagi sektor wisata, sebenarnya menjadi momentum untuk membuka diri secara luas dalam berpromosi tanpa budget yang terlalu besar. Kecanggihan teknologi melalui internet, pun, menjadi keniscayaan, di situasi yang benar-benar perlu kecermatan dalam berbisnis, saat ini.
Sektor penunjang wisata seperti penginapan, baik itu hotel, motel, guest house atau losmen bisa mengambil peluang untuk berpromo lebih besar di dunia maya. Namun tentu perlu strategi agar tampilan website penginapan Anda, mendapat viewer yang banyak dan menjadi acuan di dunia wisata.
Caranya adalah dengan menjadikan website penginapan Anda sebagai guide awal para calon tamu Anda. Sehingga, selain menjadi acuan tempat menginap, website Anda menjadi guidance yang lengkap sehingga wisatawan bisa merencanakan liburan secara paripurna saat mengunjungi website penginapan Anda.

Lalu apa saja yang harus dimunculkan sebagai konten yang membantu wisatawan mendapat info yang lengkap soal wisata di kota tempat penginapan Anda berada?
Yang pertama tetap usaha penginapan Anda menjadi konten utama dalam website. Segala kemudahan dan service prima penginapan Anda menjadi konten pada menu utama website. Diupayakan selalu ada program dan info menarik soal penginapan Anda yang selalu diupdate di menu utama website Anda. Sehingga website Anda senantiasa dinamis.

Yang kedua buat menu soal objek wisata di Kota tempat penginapan Anda berada. Jabarkan secara luas setiap keunikan di tempat wisata tersebut. Tulis juga soal jarak tempuh dari hotel Anda berapa jauh. Sertakan pula opsi transportasi untuk menuju tempat wisata tersebut.
Sebutkan oleh-oleh yang bisa didapat saat berada di objek wisata tersebut. Pendek kata ketika Anda menulis selengkap-lengkapnya informasi terkait wisata, maka website Anda semakin membantu calon wisatawan. Feedbacknya akan terasa pada tingkat kunjungan ke penginapan Anda.

Di era sekarang wisiata kuliner juga menjadi suatu yang tidak terbantahkan. Kalaupun di penginapan Anda disediakan breakfast atau dinner, jangan alergi untuk membuat informasi wisata kuliner di kota Anda. Bahkan di lingkungan terdekat dengan usaha penginapan Anda. Ini juga memudahkan para tamu, agar ketika ingin menikmati suasana malam, mereka sudah tahu tempat yang akan dituju.
Yang tidak kalah penting, adalah soal informasi tranportasi. Sampaikan dengan lengkap, dari kota mana saja transportasi darat laut udara ke kota Anda bisa diakses. Jangan lupa informasikan timing rata-rata ketersediaan taksi online di kota Anda saat wisatawan kan pergi ke tempat wisata di pinggiran kota. Ini menjadi penting, karena pernah terjadi wisatawan kesulitan pulang dari objek wisatawan pinggir kota karena ketiadaan informasi yang memadai soal kemudahan akses taksi online di tempat wisata pinggiran kota.

Yang perlu juga Anda informasikan adalah, bagaimana kertersedian rent car yang dekat dengan lokasi penginapan Anda. Tentu sertakan pula range harga. Dengan demikian, wisatawan yang menginap di tempat Anda, akan lebih mudah merancang liburannya, apakah akan menggunakan bus, taksi online, atau rent car.
Dengan kemudahan informasi yang ditampilkan di website penginapan Anda, wisatawan sudah bisa memutuskan rencana hari pertama, kedua dan seterusnya akan kemana, bahkan sebelum datang menginap di penginapan Anda.
Pendek kata, website Anda akan menjadi tourist information center yang lengkap dan sangat membantu wisatawan. Dengan kelengkapan infomasi tersebut, bisa jadi tempat wisata, tempat kuliner, sarana transportasi yang Anda infokan malah akan bermitra, atau menjadi sponsor penginapan Anda. Bisnisnya akan lebih menguntungkan bukan? (MIM)

Broadcaster radio senior, pecinta musik, fotografi dan trekking.