Prosesor Kuantum Bikin Komputer Bekerja Lebih Cepat

Prosesor Kuantum Bikin Komputer Bekerja Lebih Cepat

Share

Perusahaan teknologi asal Amerika, IBM, mengatakan bahwa mereka telah merancang prosesor komputer kuantum baru yang sangat kuat.

Para pemimpin perusahaan membuat pengumuman pada hari Senin. Mereka mengatakan prosesor, atau chip, akan menyebabkan sistem kuantum berkinerja lebih baik daripada sistem komputer tradisional di beberapa tugas dalam dua tahun ke depan.

Komputer kuantum menggunakan fisika kuantum untuk melakukan tugas komputasi yang sulit.

IBM mengatakan bahwa chip komputasi Eagle-nya memiliki 127 qubit. Qubit adalah ukuran dasar informasi kuantum. Komputer tradisional bekerja menggunakan bit informasi yang mewakili 1 atau 0. Tapi qubit bisa 1 dan 0 pada saat yang sama.

Qubit dapat membuat komputer kuantum bekerja lebih cepat daripada komputer biasa. Tetapi, mereka sangat sulit untuk dibangun dan membutuhkan suhu yang sangat rendah untuk bekerja dengan benar. IBM mengatakan bahwa chip Eagle barunya adalah yang pertama memiliki lebih dari 100 qubit.

IBM mengatakan metode sistem pendingin dan kontrol baru yang dipelajarinya dalam membangun chip Eagle akan membantu menghasilkan chip dengan lebih banyak qubit di masa depan. Perusahaan mengatakan bahwa mereka merencanakan chip Osprey pada tahun 2022 dengan 433 qubit dan chip Condor dengan 1.121 qubit.

Dalam beberapa tahun, perusahaan mengatakan akan mendekati apa yang disebut “keunggulan kuantum.” Saat itulah komputer kuantum diharapkan berkinerja lebih baik daripada komputer tradisional.

Darío Gil adalah wakil presiden di IBM dan memimpin divisi penelitiannya. Dia mengatakan bahwa komputer kuantum tidak akan menggantikan komputer tradisional sekaligus. Di masa depan, dia berpikir beberapa bagian dari program komputer akan bekerja pada chip tradisional dan beberapa bagian akan bekerja pada chip kuantum, tergantung mana yang paling cocok untuk setiap tugas.

“Kami percaya bahwa kami akan dapat mencapai keunggulan kuantum — sesuatu yang dapat memiliki nilai praktis — dalam beberapa tahun ke depan. Itu adalah pencarian kami,” kata Gil.(RTR/VOA/TIH)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *