Selain untuk Militer, Kapal Selam Dapat Dioperasikan Pula untuk Kepentingan Wisata Minat Khusus

Selain untuk Militer, Kapal Selam Dapat Dioperasikan Pula untuk Kepentingan Wisata Minat Khusus

Share

Selain untuk kepentingan militer, kapal selam juga dapat digunakan untuk kepentingan nonmiliter. Salah satunya untuk kepentingan industri pariwisata.

Kapal selam merupakan kapal air yang memiliki kemampuan beroperasi di bawah air.

Ukuran kapal selam sangat beragam. Dari mulai yang mini yang memiliki kapasitas angkut cuma beberapa gelintir orang hingga yang jumbo dengan kapasitas angkut hingga ratusan orang.

Begitu juga daya selamnya bervariasi. Kapal selam Trieste buatan Italia sejauh ini tercatat sebagai kapal selam yang memiliki kemampuan selam paling dalam, yakni sekitar 10.000 meter.

Selama ini, sebagian besar kapal selam diperuntukkan untuk kepentingan-kepentingan militer.

Di luar kepentingan militer, sejumlah kapal selam dioperasikan untuk eksplorasi sains, survey jalur minyak, dan juga untuk mengawasi anjungan minyak dan gas lepas pantai.

Beberapa kapal selam bahkan dioperasikan untuk kegiatan-kegiatan ilegal.

Dalam konteks pariwisata minat khusus, beberapa operator wisata mengoperasikan kapal selam untuk mangakomodir aktivitas wisata bawah laut.

Beberapa kapal selam wisata mampu menyelam hingga kedalaman 500 meter di bawah permukaan laut.

Selain menawarkan eksplorasi bawah laut di siang hari, sejumlah operator wisata kapal selam menawarkan pula wisata kapal selam di malam hari.

Para wisatawan diajak menyelam ke dasar lautan guna melihat langsung fenomena kehidupan bawah air di malam buta gulita.(WAK)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *