Soccer Bukan Asli Istilah Amerika, Melainkan Tumbuh di Inggris

Soccer Bukan Asli Istilah Amerika, Melainkan Tumbuh di Inggris

Share

Sudah bukan barang baru bahwa olahraga sepakbola istilah di Inggris dan Amerika berbeda. Di Inggris Sepakbola disebut dengan football, sementara di Amerika disebut dengan soccer. Sebetulnya penyebutan soccer sendiri berawal dari istilah association football, sebutan untuk sepakbola di Inggris yang resmi dibuat aturannya pada tahun 1863.

Nama association football sendiri dibuat untuk membedakan dengan olahraga lain yang Bernama football, seprti rugby football yang diambil namanya dari  sekolah Bernama Rugby yang melahirkan olahraga tersebut.

Mahasiswa Universitas Oxford, Inggris pada abad 19 membuat sejumlah istilah (slang) kependekan dari pemain sejumlah nama dalam bidang olahraga. Mereka menambahkan akhiran er untuk menyebutkan para pemain dari bidang-bidang olahraga tersebut.

Pemain football di sebut footer, pemain rugby disebut rugger dan pemain association football disebut socker atau soccer, dipotong dari kata association, jadi soc ditambah akhiran er.

Istilah ini kemudian berkembang luas di masyarakat Inggris, sampai sebuah Jurnal milik Sekolah Tinggi Old Hall me mbuat publikasi pertandingan sepakbola di Oxford dengan menuliskan kata “Socker Game at Oxfor.”

Di akhir abad 19, ketika sepakbola melanglang buana dan sampai pula di Amerika, istilah soccer semakin terpatri. Apalagi Amerika sudah punya American football, sehingga sepakbola semakin terkenal istilahnya di Amerika sebagai soccer.

Di Amerika yang pada tahun 1913 membuat federasi sepakbola dengan nama The US Football Association, akhirnya berubah menjadi The US Soccer Football Association, sampai akhirnya berganti nama kembali, sampai sekarang, menjadi The US Soccer Federation..

Sementara  itu publikasi Inggris merasa kurang nyaman dengan istilah yang dilahirkan anak-anak Oxford itu, sejak awal tahun 80-an publikasi Inggris kembali menyebut olahraga sepakbola menjadi football.

Yang menarik, pada perhelatan Piala Dunia 2022 saat ini,  ada sebuah iklan yang disutradarai Michael Bay dengan bintang sepakbola Peyton Manning dan David Beckham yang ceritanya memperdebatkan apakah nama sepakbola itu football atau soccer, dan dijawab para fans dalam iklan itu sebagai soccer. “It’s called Soccer!” Begitu kata para fans dalam iklan tersebut. (MIM)

Share
Gogo77
Adam77
Sonitoto
https://157.245.54.14/
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
Kaki777
https://mydaughtersdna.org/