Studio Alam Gamplong, Bukan Sekedar Tempat Wisata

Studio Alam Gamplong, Bukan Sekedar Tempat Wisata

Share

Studio Alam Gamplong terletak di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Moyudan, Sleman.  Dibangun atas prakarsa pendiri Mustika Ratu Mooryati Sudibyo dan diberi nama Gamplong Studio Alam Sleman (GSAS).

Untuk menuju ke lokasi, rute yang paling mudah adalah melalui jalur Wates – Yogyakarta,  Kalau dari arah Purworejo, tekuk kiri setelah Jembatan Kulon Progo kalau dari arah Yogyakarta, sekira 1 KM sebelum Jembatan tersebut. Ini adalah lampu merah terakhir sebelum Jembatan Kulon Progo dari arah Yogyakarta.

Kalau naik kereta, bila sudah melintasi Kulon Progo, di sebelah kiri kita akan menemui jalan kecil, ada jalan dengan gerbang bertuliskan, Selamat Datang di Desa Wisata Gamplong. Ini akan menjadi indikator saat kita akan sampai di lokasi.

Studio Alam Gamplong tidak sekedar objek wisata. Ini memang studio alam yang pernah dipakai shooting film  Sultan Agung The Untold Love Story, karya Hanung Bramantyo. Saat tidak ada shooting, lokasi ini dijadikan tempat wisata.

Sebenarnya tidak sekedar studio alam, atau tempat wisata. Lokasi ini bisa kita sebut sebagai museum hidup. Karena sejumlah bangunan dan isinya tidak dibuat untuk bongkar pasang. Disamping itu, ada pula beberapa yang dibuat ala museum dengan isi barang antik, dan peninggalan masa lalu.

Pengunjung juga bisa melihat museum Ainun Habibi. Pun Bisa kunjungi replika benteng Batavia. Yang tak kalah menarik adalah suasana kedai kopi yang disetting ala-ala jaman dulu. Kedai ini bukan display. Anda bisa makan minum di tempat ini. Setidaknya kalau berkunjung ke tempat ini, Ada tidak hanya bisa bergaya jeprat jepret doang, tapi bisa menambah wawasan, karena apa yang ada di Studio Alam Gamplong ini umumnya menampilkan sejarah dan gaya hidup masa lalu. (MIM)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *