Untuk Jadi Pakar di Suatu Bidang Tak Cukup Berlatih 10.000 Jam

Untuk Jadi Pakar di Suatu Bidang Tak Cukup Berlatih 10.000 Jam

Share

Ada pandangan bahwa kunci untuk menjadi seorang ahli atau pakar adalah mencurahkan setidaknya 10.000 jam untuk mempelajari dan mempraktikkan suatu hal.

Dalam sebuah studi tahun 1993, para peneliti menemukan bahwa para pemain biola paling berprestasi di akademi musik telah menghabiskan rata-rata 10.000 jam berlatih memainkan instrumen mereka pada usia 20 tahun.

Penulis psikologi pop, Malcolm Gladwell, kemudian memaparkan formula sepuluh ribu jam ini dalam buku terlarisnya, Outliers, yang dirilis tahun 2008.

Gladwell sendiri menunjukkan hasil studi musik serta pengamatan bahwa para personel Beatles kemungkinan menghabiskan sekitar 10.000 jam berlatih bermain musik selama awal tahun 60-an.

Gladwell juga menyebut bahwa Bill Gates telah menghabiskan sekitar 10.000 jam untuk berlatih pemrograman sebelum ia akhirnya berhasil menciptakan Microsoft.

Menurut Gladwell, seseorang bisa menjadi ahli di hampir semua bidang selama mereka bersedia mencurahkan 10.000 jam yang diperlukan untuk mempelajari dan mempraktikkan sebuah keterampilan.

Benarkah menghabiskan 10.000 jam dengan menekuni sebuah bidang benar-benar menjamin bahwa kita akan menjadi seorang ahli?

Anders Ericsson, pakar kinerja dari Universitas Florida, yang juga penulis buku berjudul Peak: The New Science of Expertise, berpandangan bahwa apa yang membedakan seorang amatir dan seorang pakar adalah apa yang disebut sebagai latihan yang disengaja.

Latihan biasa dapat membantu orang menjadi terampil dalam suatu bidang. Tetapi, memperoleh keahlian sejati perlu melibatkan latihan dengan cara yang melampaui batas tingkat keterampilan dan pengetahuan.

Menurutnya, hanya menghabiskan 10.000 jam untuk melatih hal yang sama berulang-ulang tidak cukup untuk menjadi pakar sejati. Sebaliknya, latihan yang terkonsentrasi, terarah pada tujuan, dan disengaja yang memperluas kemampuan di luar zona nyaman Anda adalah apa yang harus Anda kejar jika ingin mendapatkan kepakaran di bidang apa pun.

Beberapa orang mungkin dilahirkan dengan bakat alami di suatu bidang secara luar biasa. Tetapi, untuk menjadi seorang pakar tetap saja membutuhkan usaha dan latihan, tidak peduli sejauh mana bakat alami yang dibawa sejak awal.

Para peneliti masih terus memperdebatkan apa yang sesungguhnya diperlukan untuk menjadi seorang pakar. Tidak ada keraguan, bagaimanapun, bahwa ini membutuhkan waktu, latihan, dan juga dedikasi.(VWM/WAK)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *