Volvo Uji-coba Truk Bertenaga Hidrogen

Volvo Uji-coba Truk Bertenaga Hidrogen

Share

Volvo Trucks mengumumkan Senin (20/6/2022) lalu bahwa mereka mulai menguji kendaraan dengan sel bahan bakar bertenaga hidrogen yang memancarkan uap air, dan bukan memancarkan gas rumah kaca.

Divisi manufaktur semi-truk Volvo telah menawarkan truk listrik bertenaga baterai yang menggunakan bahan bakar terbarukan. Opsi sel bahan bakar hidrogen akan menjadi yang ketiga untuk Volvo Trucks selain mesin bertenaga bensin dan diperkirakan dapat memasuki pasar beberapa tahun mendatang.

“Kami telah mengembangkan teknologi ini selama beberapa tahun, dan rasanya luar biasa melihat truk pertama berhasil berjalan di trek uji,” kata Presiden Volvo Trucks , Roger Alm dalam sebuah pernyataan.

“Kombinasi baterai listrik dan listrik sel bahan bakar akan memungkinkan pelanggan kami untuk sepenuhnya menghilangkan emisi gas buang karbon dioksida dari truk mereka.”

Pihak Volvo mengatakan jangkauan untuk truk sel bahan bakar akan sejauh 621 mil (999.403 kilometer), dengan waktu pengisian kurang dari 15 menit.

Sebuah sel bahan bakar mampu menghasilkan listriknya sendiri dari hidrogen onboard alih-alih mengandalkan sumber eksternal, dan satu-satunya produk sampingan yang dipancarkan adalah uap air.

“Truk listrik sel bahan bakar bertenaga hidrogen akan sangat cocok untuk jarak jauh dan tugas berat yang membutuhkan energi,” tambah Roger Alm. “Mereka juga bisa menjadi pilihan di negara-negara di mana kemungkinan pengisian baterai terbatas.”

Teknologi sel bahan bakar masih dalam tahap awal pengembangan, yang berarti masih ada sejumlah tantangan yang harus diatasi. Salah satu kendalanya adalah pasokan hidrogen hijau skala besar yang dihasilkan oleh sumber energi terbarukan seperti angin, air, dan matahari.

Volvo Trucks mengatakan teknologi nol-emisinya akan memungkinkannya untuk bersaing dengan perusahaan seperti Tesla dan Daimler Truck, yang juga mengembangkan truk listrik.(UPI/WAK)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.